Tuesday, July 21, 2009

Sisi lain dunia kedokteran Indonesia.

My note :

Tulisan di bawah ini adalah note salah satu mahasiswi Fak.Kedokteran Universitas Indonesia yang sedang magang di RSCM.
Mengamati berbagai pemberitaan buruk tentang dunia kedokteran Indonesia memang bisa menurunkan kepercayaan siapa saja pada kemampuan dokter2 Indonesia dan akhirnya memilih untuk berobat ke negara lain. Ironis sekali ya... Citra buruk yang bagaimana lagi yang kira2 harus dipikul oleh negara kita tercinta?
Apa yang ditulis di bawah ini patut disebar-luaskan supaya orang juga bisa mengimbangi judgement mereka (termasuk gue) tentang dunia kedokteran Indonesia.
Semoga apa yang gue post kali ini bisa sedikit merubah pandangan kalian yang membaca.
Enjoy.

Sisi Lain Dunia Kedokteran Indonesia

Di tengah derasnya pemberitaan negatif media tentang dunia kedokteran indonesia, saya ingin mengajak teman" untuk berhenti mengerjakan segala pekerjaan anda, dan meluangkan sedikit waktu untuk membaca tulisan ini. Di bawah ini saya cantumkan sebuah surat yang ditulis oleh seorang ibu dari pasien anak di RSU Tangerang, dimana kami para ko-ass ditempatkan.. waktu itu kejadiannya menyangkut salah satu teman seangkatan saya yang sedang menjalankan kepaniteraan di bagian IPD.

Untuk teman-teman FKUI khususnya angkatan 2004, saya yakin hampir semuanya sudah pernah membaca surat ini.. atau setidaknya mendengar cerita ini dari teman sejawat lainnya. Surat ini sebelumnya sudah pernah dicantumkan di milis FKUI 2004. Surat aslinya setahu saya dikirim langsung via surat tertulis ke alamat FKUI.

Isi lengkap dari surat ini sudah ditulis ulang oleh teman saya agar lebih mudah dibaca.. sedangkan surat aslinya juga ikut saya upload, bila ingin membacanya langsung sendiri..

Ide untuk mempublikasikan secara luas surat ini muncul setelah pagi ini, saya dan teman-teman saya membahas tentang negatifnya pandangan masyarakat tentang dunia kedokteran sekarang, terutama pandangan mengenai RSCM. Teman saya bercerita tentang isi suatu forum salah satu website terkemuka yang membicarakan bagaimana negatifnya dunia kedokteran, khususnya para ko-ass dan residen, serta RSCM.. Sedih rasanya mendengar orang bisa berpandangan seburuk itu...

Saya tidak mengatakan bahwa dokter itu selalu benar dan segala pemberitaan negatif media itu salah.. bukan.. Dokter juga manusia, sangat mungkin berbuat kesalahan.. Tapi di lain sisi, banyak dokter-dokter di luar sana yang setia mengabdi pada masyarakat, bahkan rela kehilangan nyawanya saat bertugas di daerah terpencil.. Kenapa hal-hal tersebut tidak menjadi sorotan media? Kenapa berita-berita tersebut tidak menjadi headline news di berbagai stasiun TV selama berminggu-minggu?? Kenapa??

Yah.. saya berharap setidaknya surat di bawah ini bisa sedikit membuka mata teman-teman bahwa tidak semua yang berhubungan dengan dunia kedokteran Indonesia itu buruk.. Setidaknya ibu yang menulis surat ini tidak berpikir seperti itu...




Kepada Yth.

Bapak/Ibu kepala FKUI

di

RSCM


Dengan Hormat,

Sebelumnya perkenalkan nama saya: Titis

D/A Desa kurabumi RT 03/RW 01

Kec: Pasar kemis

Kabupaten: Tangerang

BANTEN


Saya adalah orang tua dari Rizky yg pada tgl 15 Mei 2009 masuk RSUT karna positip menderita DBD & Tipes yang sudah sangat parah. Bahkan sudah mengalami pendarahan di lambung. Sampai hari ketiga anak saya di rawat masih belum ada perubahan, justru malah semakin parah, perutnya kembung & mengalami pembengkakan, & tingkat kesadarannya sudah sampai lemah/rendah. Dia sudah tidak tau dimana dia berada, dan pada hari itu pula ada seorang Dokter muda yang memberi penjelasan pada saya tentang sudah sangat parahnya anak saya dg segala kemungkinan terburuk yg bisa saja terjadi hingga pada hari itu pula dia menganjurkan agar Rizky ini di pindah ke ruang ICU. Dan pada saat itu pula saya merasa bingung & putus asa karna saya tau pasti biayanya sangat mahal. Saat itu saya tidak bisa ngomong apa-apa saya hanya diam & menangis.

Berulangkali Dokter itu bertanya apa saya sudah mengerti dg semua penjelasannya? di sela kesedihan saya jawab 'saya ngerti dok, bahkan sangat ngerti, yg saya bingung dananya dari mana.....?' Lalu dokter itu bilang 'saya tau bu memang kondisi ekonomi saat ini lagi sangat sulit.' Tapi dengan segala kelembutannya dia mengusap pundak saya dan....ibu yang sabar ya; saya akan berusaha bantu ibu, saya akan bilang pada semua yang tugas disini agar memberikan perawatan pada Rizky seperti di ruang ICU yg mana harus diketahui perkembangannya tiap 1 jam sekali padahal waktu itu anak saya hanya berada di ruang kelas III pav. Kenanga, sebagaimana jatah dari pemerintah saat ini buat keluarga miskin.

Saya sangat bersyukur dg tindakan seperti ini anak saya bisa semakin baik dan sampai hari kemudian sudah di izinkan pulang, dan saya sangat berterimakasih pada semua tim medis yang pada saat itu semua sibuk memberi perawatan pada anak saya dibawah pengawas DR. ILHAM.

Satu hari sebelum pulang saya penasaran, saya ingin tau nama dokter itu..., syukurlah akhirnya saya tau siapa nama dokter itu. Dia adalah Yulyana, dia itu teman saya, kami sama-sama dari FKUI. Saking bahagianya sampai lupa kenapa saya tidak tanya siapa pula nama dokter teman yulyana itu padahal dia juga sama dia sangat baik dan setiap saat memeriksa keadaan Rizky tapi saya tidak pernah lupa ciri teman Yulyana itu dia cantik berambut lurus sebahu memakai jepitan berupa sirkam ke belakang dan memakai kawat gigi.

Saya sangat terharu, kadang tak habis pikir ternyata saat ini masih ada seorang dokter yang sangat cantik & baik hati yang mau duduk berdampingan dg saya di lantai depan pav. Kenanga kelas III hanya untuk mendengarkan keluhan saya, yg hanya seorang wanita yg tidak bisa melahirkan, tapi punya dua anak angkat yg saat ini sudah duduk di bangku SMA. yg bukan orang kaya yg hanya punya tekad & berusaha keras, utk bisa menyekolahkan mereka.

DR. Yulyana saya tidak akan pernah lupa dg anda. Anda adalah seorang wanita muda yg cantik, putih dan bicara anda agak sedikit cadel dan dikuncir rambutnya ke belakang. Tapi maaf ya sepertinya anda orang cina. Tapi siapapun anda, saya sangat kagum.

Semoga harapan saya semua Dokter yg ada di Indonesia bisa seperti anda mau menolong orang tanpa melihat dari kalangan mana orang itu berasal dan semoga dg cerita saya lewat surat ini saya mohon dg segala hormat kepada pemimpin tertinggi di FKUI RSCM agar memberikan nilai terbaik/atau penghargaan kepada kedua dokter ini yg pada saat itu ditugaskan di RSUT Tangerang Banten, agar semua dokter atau calon dokter bisa mencontohnya.

Sayang... saya bukan orang yg ahli main internet, andai saya ahli di bidang itu saya akan kabarkan pd dunia kalau saya telah bertemu dg mahasiswa F.K.U.I yg baik dan berhati mulya menurut saya semua ini sangatlah pantas utk dipublikasikan karna mereka adalah benar-benar putri Indonesia yg sesungguhnya.


Hormat saya,

TTD
Surat asli-1
Surat asli-2
Surat asli-3

1 comment:

  1. sangat suka post ini!
    semoga semua dokter bisa seperti dr. Yulyana!

    ReplyDelete